Contoh struktur rincian kerja diterapkan dalam
struktur pelaporan NASA.
Model WBS memberikan beberapa keuntungan, antara lain :
- Memberikan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan
- Memberikan dasar untuk mengestimasi, mengalokasikan sumber daya, menyusun jadwal, dan menghitung biaya
- Mendorong untuk mempertimbangkan secara lebih serius sebelum membangun suatu proyek .
Dikarenakan WBS merupakan struktur yang bersifat hirarki, maka bisa juga
disampikan dalam bentuk skema sebagai berikut :
Sebagai gambaran praktis, berikut ini dicontohkan sebagian dari struktur WBS
dalam sebuah proyek pembangunan Intranet.
Perbedaan Level Dan Tingkat Kedetailan WBS
Setiap organisasi menggunakan terminologinya sendiri untuk mengklasifikasi
komponen WBS sesuai levelnya dalam hirarki. Sebagai contoh, beberapa organisasi
memperlihatkan level-level yang berbeda sebagai tugas (task), sub-tugas
(sub-task) dan paket pekerjaan (work package) sebagaimana yang ditunjukkan
dalam bagan diatas. Sementara organisasi lain mungkin menggunakan istilah fase
(phase), entri (entry) dan aktifitas (activity).
WBS mungkin saja disusun mengikuti pembagian atau pentahapan dalam siklus hidup
proyek ( the project life cycle). Level-level yang lebih tinggi dari struktur
umumnya dikerjakan oleh kelompok-kelompok. Level yang paling rendah dalam
hirarki seringkali terdiri dari aktifitas-aktifitas dilakukan secara
individual, kendati demikian sebuah WBS yang menitikberatkan pada “deliverable”
tidak memerlukan aktifitas-aktifitas yang spesifik.
Melakukan rincian sebuah proyek ke dalam bagian-bagian komponen yang lebih
kecil akan memudahkan pembagian alokasi sumber daya dan pemberian tanggung
jawab individual. Perlu kiranya memberi perhatian pada penggunaan detail level
yang layak ketika hendak membuat WBS.Dalam kondisi ekstrim, detail level yang
sangat tinggi akan menyerupai hasil dalam manajemen mikro. Sedangkan kondisi
ekstrim kebalikannya, tugas-tugas mungkin akan menjadi demikian lebar untuk
bisa di-manage secara efektif. Kendati demikian, menetapkan tugas-tugas dalam
pekerjaan yang berdurasi beberapa hari maupun beberapa bulan merupakan hal yang
baik di hampir kebanyakan proyek.
Peran WBS Dalam Perencanaan Proyek
WBS merupakan pondasi untuk perencanaan proyek. WBS dibuat sebelum
ketergantungan diidentifikasi dan lamanya aktifitas pekerjaan diestimasi. WBS
juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi tugas-tugas dalam model perencanaan
proyek. Oleh karena itu, idealnya rancangan WBS sendiri harusnya telah
diselesaikan sebelum pengerjaan perencanaan proyek (project plan) dan
penjadwalan proyek (project schedule).
Dengan memanfaatkan daftar pekerjaan pada WBS, akan dapat diperkirakan lamanya
waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan tersebut. Perkiraan
bisa dilakukan dengan mempertimbangan beberapa hal, antara lain ketersediaan
sumber daya dan kompleksitas.
Selanjutnya dilakukan penjabaran dalam kalender (flow time). Beberapa model
pendekatan bisa digunakan untuk menghitung perkiraan waktu yang diperlukan :
- Most optimistic : Merupakan waktu ideal untuk menyelesaikan pekerjaan, diasumsikan segala sesuatunya berjalan lancar, dan sempurna.
- Most likely : Merupakan waktu yang dibutuhkan pada kondisi kebanyakan, tipikal dan normal.
- Most pessimistic :Merupakan waktu yang dibutuhkan ketika keadaan paling sulit terjadi.
Selanjutnya, estimasi waktu dilakukan dan dibagi dalam unit (misal 8 jam/hari).
Estimasi waktu untuk suatu proyek Intranet (seperti contoh diatas) lebih sulit
dari proyek pengembangan aplikasi lainnya. Hal ini karena masih sedikit proyek
yang dapat digunakan sebagai patokan menghitung waktu pelaksanaan.
Dalam mengestimasi waktu ini juga harus dipertimbangkan beberapa hal, misal
pengalaman teknologi server yang digunakan, keahlian Perl, CGI, Java, HTML,
browser, dan juga bekerja dalam lingkungan TCP/IP.
Setelah WBS berhasil disusun dan perkiraan lama waktu pelaksanaan telah
dihitung, selanjutnya dilakukan penyusunan jadwal kerja. Pada dasarnya ada dua
jenis model deskripsi penjadwalan, yaitu :
- Bar Chart : Yang hanya menerangkan flow time dari setiap pekerjaan dan tanpa keterkaitan antar pekerjaan. Deskripsi ini paling baik digunakan pada presentasi.
- Network diagram : Yang menunjukkan keterkaitan antar tugas dan mengidentifikasi saat kritis pada jadwal.
Manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya. Strategi yang dapat diambil antara lain adalah memindahkan risiko kepada pihak lain, menghindari risiko, mengurangi efek negatif risiko, dan menampung sebagian atau semua konsekuensi risiko tertentu. Manajemen risiko tradisional terfokus pada risiko-risiko yang timbul oleh penyebab fisik atau legal (seperti bencana alam atau kebakaran, kematian, serta tuntutan hukum. Manajemen risiko keuangan, di sisi lain, terfokus pada risiko yang dapat dikelola dengan menggunakan instrumen-instrumen keuangan.
Sasaran dari pelaksanaan manajemen risiko adalah untuk mengurangi risiko yang berbeda-beda yang berkaitan dengan bidang yang telah dipilih pada tingkat yang dapat diterima oleh masyarakat. Hal ini dapat berupa berbagai jenis ancaman yang disebabkan oleh lingkungan, teknologi, manusia, organisasi dan politik. Di sisi lain pelaksanaan manajemen risiko melibatkan segala cara yang tersedia bagi manusia, khususnya, bagi entitas manajemen risiko (manusia, staff, dan organisasi).
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_risiko
http://love-semester7.blogspot.com/2011/11/pengertian-dan-manfaat-dari-work.html
http://love-semester7.blogspot.com/2011/11/pengertian-dan-manfaat-dari-work.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar